Selasa, 04 Januari 2011

Anggaran Rp 17 Miliar Pembangunan Pasar Anyar Citeko Plered

PLERED,

Bulan April mendatang, pasar baru Plered diperkirakan sudah mulai dibangun. Hal ini didasarkan pada waktu dan teknis pencairan anggaran yang memang biasa dilakukan di tingkat Pemerintah Kabupaten. Sedikitnya, anggaran Rp 17 miliar telah disiapkan dalam APBD Purwakarta 2011. Demikian hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan UKM Kabupaten Purwakarta Endang Koswara saat ditemui, kemarin.

Dijelaskannya, setelah melalui beberapa tahap teknis pelelangan dan pencairan anggaran, pembangunan pasar baru plered diperkirakan akan dimulai sekitar bulan april mendatang. Mengingat, pada bulan tersebut anggaran biasanya sudah mulai bisa dicairkan. Menurutnya, Pemkab Purwakarta telah menyiapkan anggaran tidak kurang dari Rp 17 miliar dalam APBD Purwakarta 2011 untuk modal pembangunan salah satu pasar tradisional tersebut. Kendati begitu, kata dia, jumlah tersebut diakuinya masih memungkinkan berubah mengingat saat ini masih dalam tahap evaluasi gubernur. "Angka terakhir yang kita ketahui anggarannya sebesar Rp 17 miliar," ujarnya.

Untuk lokasi pembangunannya, sambung Endang, sebagaimana telah direncanakan sejak awal yakni akan dibangun di kawasan Desa Citeko Kecamatan Plered. Sebelumnya, Pemkab Purwakarta telah membebaskan lahan di lokasi tersebut seluas lebih dari 2,5 hektar menggunakan dana APBD 2010 sebesar Rp 2,5 miliar. "Nanti langsung dilakukan pembangunan. Soalnya lahannya sudah ada," tandasnya.

Di lahan tersebut, selain akan dibangun ratusan kios, dibangun pula tempat berjualan berupa los. Seluruhnya, terdapat lebih seribu unit. "Rencananya, ada sekitar 700 los dan 400 kios yang akan kita bangun," rincinya, seraya mengatakan bahwa relokasi pedagang baru akan dilaksanakan jika pembangunan pasar baru Plered itu sudah selesai. (latif/nos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar