Selasa, 28 Desember 2010

PT PJB CIRATA SUMBANG AYAM BURAS PEMUDA KARANG TARUNA KECAMATAN TEGALWARU

Tegalwaru.Pengurus Karang Taruna KT Kecamatan Tegalwaru,selasa 28/12 menggelar kegiatan pelatihan pembudidayaan Ternak ayam kampung di Aula SMA 1 Tegalwaru.


Kegiatan Pelatihan yang di dukung PT PJB Cirata ini,di ikuti oleh peserta sebanyak 40 orang perwakilan dari 13 Desa yang ada di kecamatan Tegalwaru.
Peserta mayoritas merupakan pengurus Karang Taruna di masing-masing desa terdiri dari laki-laki dan perempuan.
Selama kegiatan,para peserta tidak hanya mendapatkan teori dan tatacara berternak Ayam yang baik dan benar dari para petugas Disnakan Kabupaten Purwakarta,namun juga mendapatkan motivasi dari pengelola kelompok ternak lain yang di ketahui sudah cukup berhasil.
Secara resmi acara di Buka Oleh Camat Tegalwaru Asep Suparlan,di temui di sela acara,Ketua KT Tegalwaru Usef Solohin kepada Warta Plered mengatakan,kegiatan tersebut di gelar hasil kerjasama KT Tegalwaru dengan pihak PT PJB Cirata.
Tujuan untuk memberikan bekal kemampuan (skill) kepada para pemuda dan pemudi di wilayah Kecamatan Tegalwaru,khususnya dalam hal berternak Ayam buras (kampung).”Diharapkan,adanya kegiatan ini dapat memicu semangat dan antuisias para pemuda untuk berwira usaha,utamanya bertenak ayam , “ ujarnya .
Usaha berternak Ayam,jelas Usep,selain di nilainya cukup ekonomis,cara mendapatkannya pun diakuinyabelum terlalu sulit.Mengingat,hampir setiap warga di Kecamatan Tegalwaru hingga saat ini masih memiliki hewan ternak jenis ayam buras ini.Karenanya,usaha tersebut diyakininya masih bisa dilakukan oleh siapa saj,saratnya.asal memiliki keinginan dan semangat wirausaha yangkuat di samping memiliki dasar untuk pengelolaan itu.”tegasnya.
Sementara itu,General Menejer Up Cirata Iwan Agung dihadapan para peserta pelatihan mengatakan,pihaknya mengaku sangat mendukung kegiatan yang di gagas oleh pengurus KT tegalwaru itu.Terlebih,kegiatan tersebut bergerak dalam upaya memperdayakan potensi para pemuda di Tegalwaru.Karenanya,melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PJB,pihaknya tidak hanya memberikan dukungan berupa perangkat kegiatan,namun juga modal usahanya secara langsung berupa 100 ekor ayam buras.
Meski jumlahnya tersebut diakuinya sangat kecil,namun jika pengelolaan usaha tersebut kedepannya berjalan baik,bukan tidak mungkin pada tahun berikutnya perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit Listrik itu bakal kembali mengucurkan bantuan dalam jumlah yang lebih besar .” ini sebagai modal permulaan,mudah-mudahan kedepan jumlah yang di berikan bias lebih banyak,”tandasnya.
Selama ini terang Iwan,CSR PT PJB biasa di berikan dalam empat bidang,yaitu bidang pendidikan,bidang ekonomi kerakyatan,bidang kesehatandan bidang kantibmas.(latif/nos)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar